Ingin Buat Game? Berikut Cara Membuat Game Android Dengan Coding

1 Like comments off

Hampir setiap orang kini memiliki smartphone Android. Dengan Android, pengguna dapat merasakan fitur bermain game yang sangat mengasyikan dan tentunya gratis. Sebagai pengguna, terkadang terbayangkan untuk ikut andil dalam memproduksi suatu game yang bisa dinikmati banyak orang. Namun, pernahkah terbayang, bagaimana cara membuat game Android dengan coding? Kenapa harus coding? Simak pembahasannya berikut ini:

Mengenal Game Developer

Game developer adalah salah satu istilah untuk para pengembang game sebagai produsen game itu sendiri. Secara umum, para pengembang game ini menggunakan coding dalam membuat sebuah game yang bisa dimainkan. Mengapa coding? Sebelum membahas mengenai alasan menggunakan coding, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu coding.

Coding merupakan kegiatan seseorang dalam menulis baris-baris kode dari bahasa pemrograman tertentu untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Alasan digunakannya coding dalam membuat game adalah untuk membuat sebuah instruksi khusus dengan baris kode untuk mengatur jalannya permainan. Contoh sederhananya, ketika terdapat sebuah karakter yang diminta untuk bergerak, menggunakan baris kode untuk membuat instruksi kepada karakter tersebut.

Mengenal Game Engine

Sebelumnya, game engine adalah sebuah engine atau software yang memudahkan pengembang dalam mengembangkan game tanpa perlu melakukannya dari awal. Bahkan, game engine memungkinkan pengembang untuk membuat game dengan coding maupun tanpa coding. Lalu, bagaimana cara membuat game Android dengan coding? Oleh karena itu, simak beberapa game engine berikut yang bisa digunakan untuk melakukan produksi game yang diinginkan.

1. Buildbox Engine

Yang pertama ada Buildbox Engine. Dengan engine ini pengembang dapat dengan mudah membuat sebuah game dengan coding maupun tidak. Buildbox sendiri lebih menekankan untuk pengembang yang ingin melakukan pengembangan tanpa coding dengan fitur blueprint. Dengan blueprint, para pengembang dapat memberi beberapa instruksi yang sudah disediakan hanya dengan drag dan dop saja.

2. RPG Maker Engine

Game engine selanjutnya adalah RPG Maker. Game engine ini dikhususkan untuk mereka yang ingin membuat sebuah game dengan tema RPG. Mirip seperti Buildbox Engine, fitur yang ada di engine ini adalah kemudahan dalam drag dan drop. Meski bisa dilakukan tanpa coding, kemampuan coding akan sangat membantu mengingat dalam membuat game perlu adanya logika dalam instruksi-instruksi yang diberikan.

3. Construct 3 Engine

Selanjutnya adalah Construct 3 Engine. Dengan engine ini, para pengembang dapat membuat game yang diinginkan dengan melakukan coding maupun tidak. Tentu saja, dengan menggunakan coding instruksi yang dibuat tidak sebatas hanya dari yang disediakan oleh game engine.

4. Unity Engine

Salah satu game engine paling populer saat ini adalah Unity. Sudah banyak game yang dibuat menggunakan engine ini. Sebut saja DreadOut game buatan asli Indonesia. Dengan Unity, para pengembang lebih leluasa dalam melakukan pengembangan.

Game engine ini mewajibkan para pengembang agar memiliki skil dalam coding. Seperti engine pada umumnya, konsep umum pada Unity adalah setiap object yang ada dapat diberi instruksi khusus dengan beberapa baris kode untuk melakukan tujuan tertentu.

5. Unreal Engine

Selanjutnya ada Unreal Engine. Engine satu ini berhasil menjadi salah satu engine paling diminati dan bersaing ketat dengan Unity. Sudah banyak game popular yang dibuat menggunakan engine ini. Sebut saja PUBG Mobile dan PUBG PC dan masih banyak lagi.

Meskipun game engine ini memiliki fitur untuk membuat game tanpa coding dengan blueprint, penggunaannya akan sangat maksimal jika menggunakan coding untuk keperluan utama. Setiap instruksi spesifik akan dapat dilakukan jika menggunakan coding.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat game Android dengan coding. Cara yang paling mudah untuk membuat game Android adalah menggunakan game engine. Bukan hanya Android, beberapa game engine memungkinkan untuk membuat game untuk platform lainnya.

Sebagai catatan, meskipun beberapa game engine memungkinkan untuk tidak memakai coding, terkadang instruksi yang diberikan tidak tersedia dan masih memaksa pengembang untuk melakukan coding dalam proses pembuatan game. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

READ  5 Cara Membeli Diamond Free Fire 2021, Ini Infonya

You might like

About the Author: Kris Tal